Desain Logo untuk Branding

desain logo untuk branding

Desain logo untuk branding memerlukan pertimbangan tersendiri di mana karakteristik sebuah logo haruslah memiliki keunikan dan menggambarkan identitas perusahaan.

Design is the silent ambassador of your brand.” – Paul Rand

 

Logo sebagai Filosofi Perusahaan

Logo adalah sebuah identitas yang digunakan untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga/perusahaan/organisasi. Logo berfungsi sebagai identitas dan digambarkan melalui desain visual yang di dalamnya memuat informasi dan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Karena itulah, desain logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan untuk melahirkan sifat yang mandiri.

 

Branding sebagai Langkah Awal

Branding merupakan salah satu cara untuk membuat konsumen atau calon pelanggan menjadi familiar dengan produk yang ditawarkan. Branding berfungsi untuk memberikan sarana edukasi dan promosi yang tepat kepada calon konsumen. Semakin familiar, maka semakin tumbuh kepercayaan terhadap brand tersebut.

Logo adalah core dari branding. Brand yang baik diciptakan dengan mengulangi penggunaan unsur-unsur pembentuknya secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan (baca artikel “Brand Identity adalah Visual Bisnis”). Kita mengenal slogan “JUST DO IT” sebagai salah satu bagian dari branding Nike. Nike konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi. Konsistensi tersebut perlahan akan menggugah ingatan konsumen dan membentuk perilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi.

 

Desain Logo untuk Branding adalah Bagian Terpenting

Branding adalah kumpulan dari image perusahaan. Brand image adalah persepsi konsumen, yaitu apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika mendengar atau melihat sebuah brand. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebuah logo haruslah memiliki ciri khas yang khusus dan memiliki filosofi yang relevan dengan perusahaan.

Logo yang bagus tidak hanya terdiri dari gambar dan kata-kata, namun juga bercerita mengenai: siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa saja prinsip-prinsip Anda. Langkah-langkah untuk memulai mendesain logo adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan brainstorming dengan mengenali perusahaan dan konsumen Anda lebih jauh;
  2. Menguji desain dengan membandingkan beberapa desain yang telah dibuat, meminta penilaian dan masukan dari orang terdekat ataupun calon konsumen, dan uji desain logo tersebut apakah desain dapat dengan mudah diingat;
  3. Menyelesaikan desain dengan membuat draf terakhir dan tetap terbuka terhadap penilaian dan masukan.

 

Jika Anda memerlukan konsultasi mengenai desain brand Anda, Beekreatif dapat membantu Anda menyampaikan pesan kepada calon konsumen Anda melalui konten visual yang menarik dan inovatif.

 

Referensi