Cara Membuat Website dengan Mudah untuk Pemula

CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN MUDAH UNTUK PEMULA

Pada artikel ini, Beekreatif Team ingin membagikan 3 langkah cara membuat website dengan mudah untuk pemula.

Membangun sebuah situs / website yang dapat berfungsi dengan baik dan terlihat menarik bukanlah hal yang sulit. Sebenarnya ini cukup mudah, bahkan untuk pemula yang belum berpengalaman dalam membuat website. Dalam hal ini, hal yang penting yang diperlukan hanyalah memilih platform yang tepat dalam pembuatan website tersebut. Pada faktanya, beberapa platform bahkan tidak membutuhkan Anda untuk mengetahui HTML / CSS atau bahasa pemrograman lainnya, sehingga dengan sangat mudah Anda dapat membuat website yang anda inginkan!

Dibawah ini ada beberapa langkah / cara membuat website dengan mudah untuk pemula.

3 Langkah Cara Membuat Website Dengan Mudah Untuk Pemula.

STEP 1: Cari Nama Domain Yang Anda Inginkan!

Nama domain adalah alamat (URL) yang mengidentifikasi laman web – dalam hal ini situs web Anda. Anda dapat mendapatkannya melalui situs – situs penyedia hosting seperti GoDaddy, Namecheap, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa tips dalam menentukan nama domain:

  • Unik
  • Mudah untuk diingat
  • Jaga keterkaitan dengan nama brand / perusahaan
  • Hindari penggunaan symbol / angka

STEP 2: Pilih Vendor Web Hosting!

Disamping domain, hal kedua yang harus anda miliki untuk membuat website dapat diakses secara global adalah Web Hosting. Dalam hal ini, anda harus memilih vendor hosting yang dapat dipercaya untuk host website anda. Beberapa tips dalam memilih vendor web hosting adalah:

  • Pelayanan yang cepat selama 24 jam
  • Harga terjangkau
  • Pilih lokasi hosting dengan tepat (lokal / internasional)

Di Indonesia sendiri, ada beberapa vendor hosting lokal seperti Rumahweb, Niagahoster, dan lainnya. Sedangkan untuk hosting internasional seperti Hostagator, Godaddy, dan lainnya. Biasanya, billing pada vendor web hosting akan ditagih setiap tahunnya.

STEP 3: Gunakan Web Builder Seperti WordPress, Joomla, atau Drupal!

Bagi pemula, membuat website dari scratch tentu bukanlah hal yang disarankan. Membutuhkan skill yang dalam serta waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Karena itu, penggunaan Web Builder sangatlah disarankan untuk membuat website bagi pemula dari segi kemudahan dan efektifitas waktu.

Web Builder atau yang biasa disebut sebagai Content Mangement System (CMS) telah banyak digunakan orang diseluruh dunia dalam membuat website. Faktanya saat ini ada 3 CMS yang telah menguasai pasar, WordPress, Joomla dan Drupal. W3Techs dalam statisticnya bahkan menunjukan WordPress telah digunakan pada lebih dari 30% website yang ada saat ini.

Dengan menggunakan CMS, Anda dapat dengan mudah memilih Theme, mengatur letak – letak konten seperti foto/gambar, text dan bahkan video pada website Anda. Hal ini dapat dilakukan semudah melakukan drag-and-drop pada Web Builder yang Anda gunakan. Fitur – fitur tambahan juga dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan men-download plugins yang tersedia. Saat ini, web builder seperti WordPress telah memiliki lebih dari 50,000 plugins yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan fitur pada website Anda.

Tips: Jangan lupa untuk optimisasi website anda dengan Search Engine Optimization (SEO)!

Demikiah 3 langkah mudah cara membuat website bagi pemula dari Beekreatif Team!

Jika anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam membuat website, Anda dapat langsung menghubungi kami. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda!

Reference: https://w3techs.com/