Apa Itu Microsite?

apa itu microsite

Apa itu microsite? Salah satu istilah yang paling sering digunakan di seputar konten pemasaran adalah microsite. Jika Anda berpikir microsite adalah sebuah “branded blog”, “communication platform”, atau “independent campaign”, Anda benar. Keempat hal tersebut berada di kategori yang sama: sebuah website di mana brand Anda dipublikasikan dan untuk dikunjungi oleh oleh pembaca setia Anda.

Apa Itu Microsite?

Microsite (atau lebih dikenal dengan istilah mini website atau landing page) adalah halaman website tersendiri atau bagian kecil dari halaman website yang memiliki tujuan yang berbeda dari website tempelannya”. Perbedaan microsite dengan website induknya adalah microsite biasa ditujukan untuk tujuan khusus dan memiliki konten yang sedikit, sedangkan website induknya menyajikan informasi secara lengkap.

Microsite lebih sering digunakan untuk tujuan komersial, seperti penawaran produk, jasa, dan PPC (Pay Per Click), serta spesifik menampilkan sebuah pesan tertentu. Microsite sendiri lebih berfokus pada fungsi konten di dalamnya sebagai alat promosi, branding, atau bahkan kampanye.

Seringkali, microsite dihubungkan dengan media sosial, email, atau promosi mesin pencari untuk meningkatkan efektifitas dari iklan. Membuat desain microsite yang modern, menarik, dan ringan dalam load-time, sangat diperlukan agar pengunjung tertarik dan membeli produk/jasa/event yang ditawarkan.

 

apa itu microsite

Di atas adalah beberapa contoh microsite yang menarik yang dimiliki oleh Nike untuk mengkampanyekan produk-produk barunya. Perusahaan yang besar, seperti Nike, Inc., memiliki berbagai macam produk dan setiap satu produk yang dimiliki dapat dibangun sebuah microsite khusus produk itu sendiri, kontennya pun disesuaikan dengan program dan target yang ditentukan.

Keuntungan dari Microsite

Beberapa keuntungan dari microsite adalah:

1 – Fokus

Ditujukan untuk topik, konsumen, dan tindakan yang spesifik. Sebagian besar ahli pemasaran dan penjualan setuju bahwa pesan yang sangat terfokus adalah komunikasi terbaik.

2 – Kecepatan

Dapat dibangun dengan cepat dan hanya memerlukan friksi internal antara Divisi IT dan Pemasaran.

3 – Viral atau dari Mulut ke Mulut

Kampanye viral yang sukses biasanya memiliki konten yang menghibur, kurang sopan, dan mengejutkan. Konten seperti ini dapat digunakan di sebuah microsite, tetapi jarang atau bahkan tidak digunakan di corporate website (baca “Mengenal Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Kontennya” untuk mengetahui fungsi corporite website dan website lainnya).

 

Jadi, apakah Anda sudah memahami apa itu microsite dan fungsinya? Jika Anda tertarik untuk membuat microsite dari website yang Anda miliki, Beekreatif dapat membantu Anda untuk membuat dan mengembangkan microsite secara professional yang sesuai dengan karakter Anda dan bisnis Anda!

 

 

Referensi

https://www.microsite.com/microsites/